Catatan Training Buku
Anak IKAPI 2012
Oleh Anisa Widiyarti
Hari pertama
Sesi I
Dr. Dewi Utama Fayzah, pakar pendidikan anak
Materi : Memahami Anak sebagai Pembaca yang Cerdas
§ Di Indonesia, banyak
hal yang bisa dijadikan ide cerita.
§ Udara, permukaan bumi,
isi perut bumi dan perairan di Indonesia bisa ditulis menjadi kisah-kisah yang
menarik.
§ Seorang penulis bacaan
anak haruslah :
- Bisa berpikir di
luar kotak.
- Tak perlu banyak
kata, tapi menyentuh.
- Membuat anak-anak
merasakan cerita itu seolah merasakan dengan panca indra mereka.
Dalam membuat cerita dan ilustrasi, kita bisa membuatnya menjadi :
- Abstrask, jika itu
untuk bacaan yang bertujuan menggembirakan dan melambungkan imajinasi anak.
- Jelas, jika itu
digunakan untuk bacaan yang bertujuan sebagai pelajaran.
Sesi 2
Remon Agus, Direktur Penerbit Zikrul Kids
Materi : Mengenal Cakrawala Penerbitan Buku Anak
Seorang penulis bacaan anak, haruslah mengenal dunia anak. Hal ini bisa dilakukan
dengan mengamati anak-anak.
Hal yang harus diperhatikan adalah :
- Aktifitas dan
kegiatan anak
- Kegembiraan dan
keceriaan anak
- Kehidupan anak
- Melihat trend pada
anak-anak sekarang
- Psikologi anak
- Pola pikir anak
- Lingkungan di
sekitar anak
- Kenali fase
pertumbuhan anak
Ciri-ciri buku anak yang baik adalah :
- Aman (bahannya
harus disesuaikan dengan usia anak)
- Colorfull
-> untuk membuat anak-anak tertarik
- Tingkat keterbacaan
tinggi
- Posisi teks tidak
mengganggu gambar -> jangan sampai gambar tertutupi teks, sehingga
mengurangi nilai keindahannya.
- Warna sesuai dengan
warna asli -> tergantung pada cerita. Jika cerita fantasi, tentu disesuaikan
dengan alur ceritanya.
- Bentuk sesuai
dengan asli -> disesuaikan dengan alur cerita. Jika memang di cerita ada
suatu sebab, diperbolehkan mengubah bentuk.
- Bahasa anak-anak
- Ilustrasi menarik
Jenis-jenis buku anak :
- Wordless picture
book
- Picbook
- Activity book
- Comic book
- Novel
- Text book
Kunci dalam membuat buku anak adalah :
- Memahami seperti
apa imajinasi anak
- Memahami anak itu
sendiri
- Memahami lingkungan
anak
- Bangun imajinasi
anak
- Tingkatkan
kreatifitas anak
- Anak adalah
imajinasi
Langkah-langkah membuat buku adalah :
- Siapkan ide
- Siapkan tema
- Buat garis besar
- Susun kerangkan
- Tulis!
- Cek
- Buat dummy
Ide-ide yang spektakuler adalah :
- Out of box ->
ide yang aneh, mustahil
- Belum pernah
dipublikasikan
- Wujudkan impian
dalam cerita
- Di luar kebiasaan
- Beda tapi kuat
dalam platform yang benar
Ide-ide yang old fashion tapi tetap digemari adalah :
- Aesop
- Dongeng klasik
- Dongeng pengantar
tidur
- Dongeng mancanegara
- Dongeng lokal
- Dongeng cerita
rakyat
- Fabel
Agar bisa menjadi penulis yang berhasil :
- Pede, yakin bahwa
kita mampu menjadi penulis
- Fokus
- Menulis dengan hati
- Menulis setiap hari
- Banyak baca, terus
menggali ide
- Menerima kritik
- Mengikuti komunitas
Sesi 3
Ary Nilandari, penulis dan editor buku anak
Materi : Kenali Anak Untuk Memberdayakan Buku Anak
§ Buku anak haruslah fokus
ke anak.
§ Geser sudut pandang ke
anak-anak.
§ Buatlah tokoh yang
membuat anak merasa “gue banget”
§ Untuk ilustrasi
hendaklah;
- Detail
- Jangan melulu close
up
- Mempunyai white
space agar membuat mata nyaman
- Dengan warna-warni
yang ramah di mata
§ Bahasa yang digunakan
dalam buku anak hendaklah kaya kosakata, kalimat panjang tak mengapa asalkan
sederhana.
§ Seorang penulis anak
juga harus mengetahui buku apa yang anak-anak suka.
Belajar tentang anak bisa dari :
- Kenangan dari masa
kecil
- Interaksi dan
pengamatan pada anak-anak
- Orang tua dan guru
- Artikel
- Respon anak
- Buku kesukaan anak
Kesalahan-kesalahan dalam penulisan :
- Kesan pertama :
§ Judul tidak mudah
dipahami
§ Kalimat pembuka
membosankan
§ Teks terlalu padat,
tidak diimbangi white space
- Pemilihan tema
§ Klise
§ Terlalu luas dan
abstrak
§ Konflik terlalu besar
dan penyelesaiannya terlalu digampangkan
- Karakter
§ Tidak menganak
§ Tidak kuat, kurang
menggali emosi
§ Stereotip
- Point of View
§ Salah pilih sudut
pandang
§ Tidak konsisten
§ Tidak termanfaatkan
untuk karakterisasi
- Dialog
§ Berkepanjangan
§ Tidak efektif
§ Sangat sedikit
§ Memberatkan
§ Tidak alami
- Setting lokasi
§ Diabaikan, kurang
eksplorasi
§ Deskripsi lemah
§ Tidak berakar
- Plot
§ Berlubang-lubang
§ Mengabaikan logika
cerita
Hari Kedua
Sesi 1
Bambang Trim, penulis, editor, dan peneliti buku anak
Materi : Melejitkan Buku (Bacaan) Anak dengan Editing
Menulis buku anak-anak haruslah menggabungkan kedua unsur ini :
- Mengambil keindahan
masa kanak-kanak
- Mengambil ide dari
masa kekinian
Penulis buku anak haruslah :
- Mengenal pembaca
kanak-kanak
- Jangan meminjam
mulut orang dewasa dalam cerita yang dibuat
- Dapat membuat
cerita yang membuat anak-anak seperti melihat, mendengar, mencium dan merasakan
apa yang diceritakan tersebut.
Sesi 2
Irawan Zulhidajat, SSn., musisi dan pengajar musik untuk anak-anak
Materi : Mengenalkan, Memainkan dan Menuliskan Musik.
Manfaat belajar musik adalah :
- Menyeimbangkan
kerja otak kiri dan kanan
- Melatih untuk lebih
berperasaan, tidak kasar
- Melatih untuk lebih
sabar, bertanggung jawab dan menghargai orang lain
- Meningkatkan
kecerdasan
- Juga dapat membantu
merangsang kreativitas dalam membuat cerita
Sesi 3
Drs. Suyadi (Pak Raden), penulis dan ilustrator buku anak
Materi : Ilustrasi
- Ilustrasi bukan
hanya gambar, melainkan gambar yang bercerita.
- Tugas illustrator
bukan hanya menggambar. Sebelum itu, mereka harus melakukan penelitian. Agar
ilustrasi yang dibuat tidak salah.
- Mengapa buku anak
memerlukan ilustrai?
1.
Membuat penampilan buku lebih menarik
2.
Dapat memperjelas teks
3.
Memudahkan pembaca membayangkan secara benar. Misalnya, menceritakan
seorang raja. Anak-anak tentu memiliki gambaran yang berbeda tentang seorang
raja. Tugas ilustrasi adalah menyamakannya. Sehingga anak-anak tahu, raja yang
seperti apa yang sedang diceritakan. Bagaimana pakaiannya, penduduknya, keadaan
lingkungannya dan sebagainya.
Sesi 4
Riama, ilustrator dan desainer
Materi : 12 jam Melejitkan dan Menggagas Buku Anak
Beberapa hal penting dalam membuat ilustrasi buku anak:
1. Pemilihan warna
2. Komposisi
3. Tipografi
§ Jangan terlalu banyak
memasukkan gambar
§ Beri ruang kosong
(white space)
Aspek pengolahan rupa dalam ilustrasi :
1.
Mood
2.
Gaya/ style
3.
Ekspresi, mimik, adegan
4.
Perspektif
5.
Warna
6.
Tekstur
7.
Tata letak, irama, kesatuan, titik perhatian
8.
Detail
0 komentar:
Post a Comment