Loading...
Thursday, January 6, 2011

PBA di Wartakotalive.com

Forum PBA resmi didirikan pada tanggal 2 Mei 2010. Forum ini lahir setelah selama 3 tahun lebih bergerak melalui milis di yahoogroups.com. Milis tersebut beranggotakan penulis, ilustrator, penerbit, partisipan, wartawan, media, dan pemerhati bacaan anak yang ingin mengetahui bacaan untuk anak yang sehat.

Bacaan anak-anak di Indonesia semakin hari semakin beragam. Penerbit di Indonesia juga semakin hari, semakin antusias untuk menerbitkan bacaan anak-anak. Walaupun dengan banyak keterbatasan. Baik, keterbatasan pada sumberdaya di penerbitan itu sendiri ataupun sumberdaya yang menyuportnya, seperti penulis, ilustrator, desainer, dan editor.

Forum PBA menjadi jembatan yang memadai antara penerbit dan sumberdaya yang menyuportnya. Forum PBA juga memberikan arahan yang positif kepada penerbit ataupun sumberdaya yang menyuportnya dengan pengetahuan yang terkait dengan bacaan anak-anak. Supaya hasil yang diinginkan kedua belah pihak tercapai.

Secara berkala, Forum PBA mengadakan pelatihan menulis dan pelatihan yang berhubungan dengan dunia perbukuan lainnya, baik secara gratis ataupun berbayar agar regenerasi terus berjalan. Sehingga sumberdaya yang ada terus bertambah. Baik secara kualitas, ataupun secara kuantitas.

Visi Forum PBA adalah Terciptanya bacaan yang sehat, kreatif, dan sesuai dengan anak-anak Indonesia. Sedangkan misi dari Forum PBA yakni:
  • Menciptakan sumberdaya di bidang tulis-menulis, khususnya bacaan anak. Serta bidang lain yang erat kaitannya dengan bacaan anak-anak, seperti ilustrator, desainer, dan layouter.
  • Menjalin kerjasama yang erat antara anggota Forum PBA dengan media massa dan pelaku bisnis penerbitan di Indonesia maupun di negara lain (khususnya negara di wilayah asia)
  • Melindungi, membela, dan memberdayakan secara positif seluruh anggota Forum PBA dan para pebisnis perbukuan (khususnya buku anak-anak).
Apa saja yang telah dilakukan Oleh Forum?
  1. April 2009 “Jadi Penulis Bacaan Anak Juga Bisa Kaya” bertempat di Stikom, Jl. PH Mustofa Bandung
  2. 10 Mei 2009 “Gerakan Peduli Bacaan Anak Curhat Menulis Bacaan Anak” bertempat di Museum Bank Mandiri, Jakarta
  3. 6 Juni 2009 “Menulis dengan Metode Matrik” bertempat di SalamBookHouse, Jl. Pasirwangi no. 1 Bandung
  4. 1 Agustus 2009 “Dari Skenario ke Novel” bertempat di SalamBookHouse, Jl. Pasirwangi no. 1 Bandung
  5. 8-9 Agustus 2009 “Menjadi Penulis yang Produktif” bertemanpat di Museum Bank Mandiri Jakarta
  6. 1-2 Mei 2010 101 “Tanda Cinta untuk Anak Kreatif Indonesia” launching 212 Judul buku karya Komunitas Penulis Bacaan Anak, pameran ilustrasi, dan talk show
  7. Sep  2010 Menerbitkan 3 judul antologi PBA, 1. Kaos Kaki Koki Komi, 2. Bayangan Penari Kecil, 3. Detektif Sok Tahu

Source : http://www.wartakotalive.com/detil/berita/36202/Forum-Penulis-Bacaan-Anak

1 komentar:

melianaaryuni said...

Mau gabung...Bolehkah?

 
TOP