Loading...
Sunday, January 9, 2011

[Tips Penulisan] Mengawali Tulisan

Mengawali Tulisan
Oleh Ali Muakhir


Salah satu hal yang sering ditanyakan teman-teman yang ingin nulis adalah cara mengawali tulisan. Berikut ini sedikit tips mengawali tulisan..

Ada beberapa cara yg dilakukan penulis ketika akan memulai tulisannya. Ini biasa dilakukan ketika akan menulis fiksi, walaupun ini juga bisa dilakukan untuk menulis non-fiksi.

Cara pertama. Ada penulis yang mengawali tulisan dengan sebait puisi, pantun, kata-kata bijak, atau hasil penelitian. Penulis yang selalu pakai cara ini salah satunya Mas Gong. Coba baca Balada si Roy.

Cara kedua. Menawali tulisan dengan suara-suara tertentu. Misalnya suara tangisan, teriakan, petir, hujan, genteng pecah, bel, tepak sepatu, piring dibanting, batu jatuh, dan suara-suara yang lainnya.

Cara ketiga. Mengawali dengan mendiskripsikan tokoh dalam cerita. Bisa dari kondisi fisiknya atau pakaian atau apapun yang nanti akan menjadi ciri khasnya.

Cara keempat. Mengawali dengan mendiskripsikan emosi atau isi hati si tokoh utama. Isi hati si tokoh biasanya akan mengungkap konflik cerita.

Cara kelima. Mengawali dengan mendiskripsikan setting. Setting tempat atau waktu. Setting ini jika diungkapkan dengan baik. Dengan bahasa yang menarik, pasti akan memikat pembaca.

Cara keenam. Bisa dengan dialog antar tokoh.

Ada cara lain?

Mmm ... masih banyak cara yang bisa dilakukan, tinggal kita berani eksplorasi apa tidak. Sapa tahu, kita menemukan cara lain yang lebih menarik.

Selamat mencoba ya.

Source image : www.gettyimages.com

2 komentar:

http://www.youkoso.bestfriend.com said...

Salam Pabers, Mas Ali.
Saya Novi, anggota milis PBA.

Beberapa waktu yang lalu saya menerima surat balasan dari Redaksi Koran Kompas. Isinya, penolakan naskah cernak yang saya tulis dengan alasan 'gaya tulisan terlalu dewasa'.

Hem saya bingung. Gaya tulisan untuk konsumsi anak-anak itu yang bagaimana sih?

Saya sudah berusaha menulis dengan kalimat sesederhana mungkin.

Jika tak keberatan, sharing ilmu membuat tulisan untuk anak dong, Mas.

Jazakumullah khairan katsiran.

Ali Muakhir said...

Apa kabar Novi? Mungkin kalo naskahnya dikirim ke moderator.pba@gmail.com bisa kita liat ..

 
TOP