Loading...
Wednesday, June 6, 2012

[Artikel] Catatan Training Buku Anak IKAPI 2012


Catatan Training Buku Anak IKAPI 2012

Oleh Anisa Widiyarti

Gambar: Evan Raditya Pratomo


Hari pertama


Sesi I
Dr. Dewi Utama Fayzah, pakar pendidikan anak
Materi : Memahami Anak sebagai Pembaca yang Cerdas

§  Di Indonesia, banyak hal yang bisa dijadikan ide cerita.
§  Udara, permukaan bumi, isi perut bumi dan perairan di Indonesia bisa ditulis menjadi kisah-kisah yang menarik.
§  Seorang penulis bacaan anak haruslah :
-          Bisa berpikir di luar kotak.
-          Tak perlu banyak kata, tapi menyentuh.
-          Membuat anak-anak merasakan cerita itu seolah merasakan dengan panca indra mereka.

Dalam membuat cerita dan ilustrasi, kita bisa membuatnya menjadi :
-          Abstrask, jika itu untuk bacaan yang bertujuan menggembirakan dan melambungkan imajinasi anak.
-          Jelas, jika itu digunakan untuk bacaan yang bertujuan sebagai pelajaran.

Sesi 2 
Remon Agus, Direktur Penerbit Zikrul Kids
Materi : Mengenal Cakrawala Penerbitan Buku Anak

Seorang penulis bacaan anak, haruslah mengenal dunia anak. Hal ini bisa dilakukan dengan mengamati anak-anak.
Hal yang harus diperhatikan adalah :
-          Aktifitas dan kegiatan anak
-          Kegembiraan dan keceriaan anak
-          Kehidupan anak
-          Melihat trend pada anak-anak sekarang
-          Psikologi anak
-          Pola pikir anak
-          Lingkungan di sekitar anak
-          Kenali fase pertumbuhan anak

Ciri-ciri buku anak yang baik adalah :
-          Aman (bahannya harus disesuaikan dengan usia anak)
-          Colorfull  -> untuk membuat anak-anak tertarik
-          Tingkat keterbacaan tinggi
-          Posisi teks tidak mengganggu gambar -> jangan sampai gambar tertutupi teks, sehingga mengurangi nilai keindahannya.
-          Warna sesuai dengan warna asli -> tergantung pada cerita. Jika cerita fantasi, tentu disesuaikan dengan alur ceritanya.
-          Bentuk sesuai dengan asli -> disesuaikan dengan alur cerita. Jika memang di cerita ada suatu sebab, diperbolehkan mengubah bentuk.
-          Bahasa anak-anak
-          Ilustrasi menarik

Jenis-jenis buku anak :
-          Wordless picture book
-          Picbook
-          Activity book
-          Comic book
-          Novel
-          Text book

Kunci dalam membuat buku anak adalah :
-          Memahami seperti apa imajinasi anak
-          Memahami anak itu sendiri
-          Memahami lingkungan anak
-          Bangun imajinasi anak
-          Tingkatkan kreatifitas anak
-          Anak adalah imajinasi

Langkah-langkah membuat buku adalah :
-          Siapkan ide
-          Siapkan tema
-          Buat garis besar
-          Susun kerangkan
-          Tulis!
-          Cek
-          Buat dummy

Ide-ide yang spektakuler adalah :
-          Out of box -> ide yang aneh, mustahil
-          Belum pernah dipublikasikan
-          Wujudkan impian dalam cerita
-          Di luar kebiasaan
-          Beda tapi kuat dalam platform yang benar

Ide-ide yang old fashion tapi tetap digemari adalah :
-          Aesop
-          Dongeng klasik
-          Dongeng pengantar tidur
-          Dongeng mancanegara
-          Dongeng lokal
-          Dongeng cerita rakyat
-          Fabel

Agar bisa menjadi penulis yang berhasil :
-          Pede, yakin bahwa kita mampu menjadi penulis
-          Fokus
-          Menulis dengan hati
-          Menulis setiap hari
-          Banyak baca, terus menggali ide
-          Menerima kritik
-          Mengikuti komunitas

Sesi 3
Ary Nilandari, penulis dan editor buku anak
Materi : Kenali Anak Untuk Memberdayakan Buku Anak

§  Buku anak haruslah fokus ke anak.
§  Geser sudut pandang ke anak-anak.
§  Buatlah tokoh yang membuat anak merasa “gue banget”
§  Untuk ilustrasi hendaklah;
-          Detail
-          Jangan melulu close up
-          Mempunyai white space agar membuat mata nyaman
-          Dengan warna-warni yang ramah di mata
§  Bahasa yang digunakan dalam buku anak hendaklah kaya kosakata, kalimat panjang tak mengapa asalkan sederhana.
§  Seorang penulis anak juga harus mengetahui buku apa yang anak-anak suka.

Belajar tentang anak bisa dari :
-          Kenangan dari masa kecil
-          Interaksi dan pengamatan pada anak-anak
-          Orang tua dan guru
-          Artikel
-          Respon anak
-          Buku kesukaan anak

Kesalahan-kesalahan dalam penulisan :
-          Kesan pertama :
§  Judul tidak mudah dipahami
§  Kalimat pembuka membosankan
§  Teks terlalu padat, tidak diimbangi white space
-          Pemilihan tema
§  Klise
§  Terlalu luas dan abstrak
§  Konflik terlalu besar dan penyelesaiannya terlalu digampangkan
-          Karakter
§  Tidak menganak
§  Tidak kuat, kurang menggali emosi
§  Stereotip
-          Point of View
§  Salah pilih sudut pandang
§  Tidak konsisten
§  Tidak termanfaatkan untuk karakterisasi
-          Dialog
§  Berkepanjangan
§  Tidak efektif
§  Sangat sedikit
§  Memberatkan
§  Tidak alami
-          Setting lokasi
§  Diabaikan, kurang eksplorasi
§  Deskripsi lemah
§  Tidak berakar
-          Plot
§  Berlubang-lubang
§  Mengabaikan logika cerita

Hari Kedua

Sesi 1
Bambang Trim, penulis, editor, dan peneliti buku anak
Materi : Melejitkan Buku (Bacaan) Anak dengan Editing

Menulis buku anak-anak haruslah menggabungkan kedua unsur ini :
-          Mengambil keindahan masa kanak-kanak
-          Mengambil ide dari masa kekinian

Penulis buku anak haruslah :
-          Mengenal pembaca kanak-kanak
-          Jangan meminjam mulut orang dewasa dalam cerita yang dibuat
-          Dapat membuat cerita yang membuat anak-anak seperti melihat, mendengar, mencium dan merasakan apa yang diceritakan tersebut.

Sesi 2
Irawan Zulhidajat, SSn., musisi dan pengajar musik untuk anak-anak
Materi : Mengenalkan, Memainkan dan Menuliskan Musik.

Manfaat belajar musik adalah :
-          Menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan
-          Melatih untuk lebih berperasaan, tidak kasar
-          Melatih untuk lebih sabar, bertanggung jawab dan menghargai orang lain
-          Meningkatkan kecerdasan
-          Juga dapat membantu merangsang kreativitas dalam membuat cerita

Sesi 3
Drs. Suyadi (Pak Raden), penulis dan ilustrator buku anak
Materi : Ilustrasi

-          Ilustrasi bukan hanya gambar, melainkan gambar yang bercerita.
-          Tugas illustrator bukan hanya menggambar. Sebelum itu, mereka harus melakukan penelitian. Agar ilustrasi yang dibuat tidak salah.  
-          Mengapa buku anak memerlukan ilustrai?
1.    Membuat penampilan buku lebih menarik
2.    Dapat memperjelas teks
3.    Memudahkan pembaca membayangkan secara benar. Misalnya, menceritakan seorang raja. Anak-anak tentu memiliki gambaran yang berbeda tentang seorang raja. Tugas ilustrasi adalah menyamakannya. Sehingga anak-anak tahu, raja yang seperti apa yang sedang diceritakan. Bagaimana pakaiannya, penduduknya, keadaan lingkungannya dan sebagainya.

Sesi 4
Riama, ilustrator dan desainer
Materi : 12 jam Melejitkan dan Menggagas Buku Anak

Beberapa hal penting dalam membuat ilustrasi buku anak:
            1.       Pemilihan warna
            2.       Komposisi
            3.       Tipografi

§  Jangan terlalu banyak memasukkan gambar
§  Beri ruang kosong (white space)

Aspek pengolahan rupa dalam ilustrasi :
1.    Mood
2.    Gaya/ style
3.    Ekspresi, mimik, adegan
4.    Perspektif
5.    Warna
6.    Tekstur
7.    Tata letak, irama, kesatuan, titik perhatian
8.    Detail

 
TOP