Loading...
Sunday, February 13, 2011

[Resensi] Sang Juara dari Gaza

Pemuda Gaza yang Gigih Menuntut Ilmu
Haya Aliya Zaki




Judul buku    : Sang Juara dari Gaza (Kisah Seru Perjalanan Hidup Imam Syafi’i)
Penulis    : Ratno Fadillah
Cetakan    : I, Maret   2010
Penerbit    : P.T. Lingkar Pena Kreativa
Tebal        : 50  hal

Apakah yang terbayang di benak Teman-teman kalau disebutkan negara Palestina? Peperangankah? Selain sejarah perang yang memilukan, ternyata dari negeri Palestina, tepatnya di wilayah Gaza, pernah lahir seorang ulama yang melegenda. Dia adalah Imam Syafi’i.

Sebelum umur  2 tahun, Syafi’i sudah menjadi anak yatim. Ia dirawat dan dibesarkan  ibunya. Berkat dorongan sang ibu,  Syafi’i pindah ke kota Mekah untuk menuntut ilmu. Syafi’i giat mempelajari Al-Quran dan hadis. Ia selalu menulis semua pelajarannya di atas kertas bekas supaya tidak lupa. Kalau kertas bekas habis, ia menulis di atas tulang-tulang kering yang ditemui di jalan. Wow! Berkat kecerdasan dan akhlaknya yang baik, ketika dewasa, Syafi’i terpilih menjadi pegawai teladan di Yaman. 

Suatu ketika, Syafi’i ingin sekali  berguru kepada ulama besar dari kota Madinah, yaitu Imam Malik. Namun perjalanan menemui Imam Malik sepertinya sangat berat. Berhasilkah Syafi’i bertemu guru idamannya? Bagaimana kisah Syafi’i seterusnya?

Buku ini bercerita tentang kegigihan luar biasa seorang pemuda dalam menuntut ilmu. Selain gigih, doa dan dukungan ibu (orangtua) juga berperan penting. Buku yang mengisahkan hidup orang-orang sukses,  oke banget dibaca agar kita bisa mencontoh semangat dan kerja keras mereka.  Ilustrasi buku ini juga menarik,  penuh warna. ***

(Resensi ini pernah dimuat di Kompas Anak, Juli 2010)

0 komentar:

 
TOP