Loading...
Wednesday, May 30, 2012

Profil PaBer


Forum Penulis Bacaan Anak
Profil Organisasi

Sejarah
Forum PBA resmi didirikan pada tanggal 2 Mei 2010. Forum ini lahir setelah selama 3 tahun lebih bergerak melalui milis di yahoogroups.com. Milis tersebut beranggotakan penulis, ilustrator, penerbit, partisipan, wartawan, media, dan pemerhati bacaan anak yang ingin mengetahui bacaan untuk anak yang sehat.

Jumlah anggota group sangat dibatasi, semata-mata agar lebih focus pada tujuan pendirian milis. Hingga sekarang jumlah anggota baru sekitar 1.400 anggota.


Tentang Forum Penulis Bacaan Anak
Bacaan anak-anak di Indonesia semakin hari semakin beragam. Penerbit di Indonesia juga semakin hari, semakin antusias untuk menerbitkan bacaan anak-anak. Walaupun dengan banyak keterbatasan. Baik, keterbatasan pada sumberdaya di penerbitan itu sendiri ataupun sumberdaya yang menyuportnya, seperti penulis, ilustrator, desainer, dan editor.

Forum PBA menjadi jembatan yang memadai antara penerbit dan sumberdaya yang menyuportnya. Forum PBA juga memberikan arahan yang positif kepada penerbit ataupun sumberdaya yang menyuportnya dengan pengetahuan yang terkait dengan bacaan anak-anak. Supaya hasil yang diinginkan kedua belah pihak tercapai.

Secara berkala, Forum PBA mengadakan pelatihan menulis dan pelatihan yang berhubungan dengan dunia perbukuan lainnya, baik secara gratis ataupun berbayar agar regenerasi terus berjalan. Sehingga sumberdaya yang ada terus bertambah. Baik secara kualitas, ataupun secara kuantitas.


Visi
Terciptanya bacaan yang sehat, kreatif, dan sesuai dengan anak-anak Indonesia.


Misi
Ø Menciptakan sumberdaya di bidang tulis-menulis, khususnya bacaan anak. Serta bidang lain yang erat kaitannya dengan bacaan anak-anak, seperti ilustrator, desainer, dan layouter.
Ø Menjalin kerjasama yang erat antara anggota Forum PBA dengan media massa dan pelaku bisnis penerbitan di Indonesia maupun di negara lain (khususnya negara di wilayah asia)
Ø Melindungi, membela, dan memberdayakan secara positif seluruh anggota Forum PBA dan para pebisnis perbukuan (khususnya buku anak-anak).



Budaya Forum PBA
Advantageous: Bermanfaat untuk bangsa pada umumnya dan anggota forum pada khususnya
Profesional: Menjalankan misi kegiatan dengan penuh keahlian
Integrity: Sehat dalam berpkir, bertindak, dan berperilaku
Nationalitic: Bersemangat kebangsaan
Dedication: Setia pada tugas, pelayanan, dan organisasi
Objective: Tidak memihak dalam berpandangan dan bersikap

0 komentar:

 
TOP