Loading...
Sunday, February 20, 2011

[Resensi] Mengarang, Yuk!

Belajar Menulis Cerita dari Buku Berilustrasi Indah 
Haya Aliya Zaki


Judul buku    : Mengarang, Yuk! (Panduan bagi Anak untuk Menulis Cerita)
Penulis    : Renny Yaniar
Ilustrator    : Betty Tio Marga
Cetakan    : I, 2009
Penerbit    : PT Elex Media Komputindo
Tebal        : 49  hal

Benarkah menulis cerita itu sulit? Kamu sudah mencobanya berulang kali namun masih gagal juga? Eits, jangan menyerah dulu!

Tips dan trik belajar menulis cerita bisa kita peroleh dari mana saja, termasuk dari buku. Salah satu buku yang dapat membantu adalah Mengarang, Yuk!. Penulisnya, Renny Yaniar, menjelaskan langkah-langkah menulis cerita, mulai dari awal sampai akhir. Ada  cara mencari ide, menentukan tema cerita, menentukan tokoh cerita, membuat kerangka karangan, dan lain-lain. Bahasanya santai, seolah-olah kita sedang ngobrol dengan penulis melalui buku ini. Hm, penasaran kan?

Di buku ini disediakan halaman-halaman kosong untuk tempat berlatih menulis cerita. Biar lebih mengerti, simak juga sebuah sisipan dongeng menarik, beserta penjelasan proses penulisannya.

Buku Mengarang, Yuk! tampil beda dari buku panduan menulis  yang lain karena ukurannya besar (21,5 cm x 27,5 cm) dan  dilengkapi ilustrasi indah nan warna-warni. Wah, bakal tak bosan mengulang-ulang membacanya.

Pesan utama dalam buku ini, agar tulisan kita semakin bagus, kita harus giat berlatih dan  rajin membaca. Nah, selamat belajar menulis cerita dari buku berilustrasi indah!*** Haya Aliya Zaki

0 komentar:

 
TOP